Proxy Server, Untuk Yang Internet Lemot dan Tidak Bisa Buka Situs Tertentu

Bete juga kadang2 pake provider internet dengan iming2 speed up to 512Kbps bahkan 3.2Mbps tapi ternyata lemot walau sinyal full HSDPA...Malah kadang ada beberapa situs yang tidak bisa dibuka. Masa mau posting di blogspot saja tidak kelar2. Malah buka facebook saja lemotnya minta ampun....
Googling lah....ada yang memberi saran untuk surfing memakai ip proxy server... 

Ada beberapa keuntungan menggunakan proxy server
  1. Mempercepat Koneksi ( Sebenarnya tidak selalu cepat, malah ada yang lebih lambat, tinggal pilih2 saja mana yang paling kencang, tergantung situs yang mau kita buka )
  2. Menyembunyikan IP kita
  3. Membuka situs2 yang tidak bisa dibuka yang diblok oleh provider Internet kita
  4. DLL 

Banyak sekali proxy server yang gratisan. Coba satu per satu, wew ternyata bermanfaat juga, buka blogspot, wordpress, facebook bahkan situs yang diblok sama provider bisa dibuka, tapi kadang2 suka down juga. Kalau sudah down tinggal dibalikin lagi setting browser nya no proxy lagi
Yang jelas kalau kita browsing menggunakan ip proxy server, kita dianggap berada di negara atau lokasi proxy tadi berada. 
Salah satu situs yang menyediakan daftar free proxy yang biasa saku pakai ada di hidemyass.com, kalau perlu yang berasal dari Indonesia bisa cek di sini.

Nih proxy punya tetangga kita Malaysia yang lumayan kenceng, walau ya kadang2 down juga 219.93.178.162 port 3128.

Buat yang belum tahu setting proxy, tiap browser beda2. 
  1. Untuk IE, klik Tool, Internet Option, connection, LAN Setting contreng Proxy server, masukan ip proxy tadi dan port nya. Klik advance n contreng use the same proxy server for all protocols ( jika untuk secure web dan FTP memakai proxy yang sama ) , klik ok.
  2. Untuk Opera, klil Tools, Preference, klik tab Advance, Network, Proxy Servers, masukin ip proxy dan port nya terus ok.
  3. Untuk Mozzila Firefox,  klik Alat, Pengaturan, Canggih, Jaringan, di bagian Sambungan klik Pengaturan , Klik Konfigurasi Proxy secara Manual,  masukan ip proxy dan port nya terus OK.4
  4. Buat yang lain prisipnya sama, cari di bagian setting proxy nya saja, tinggal ganti yang saja dengan ip proxy yang kita mau.  
  
Buat yang pakai sambuangan ADSL, tetap bisa kho pakai proxy.
Keuntungan lain menggunakan Proxy  yaitu kita bisa menyembunyikan IP Address kita yang sebenarnya. Bisa pakai yang anonymous proxy, atau terserah anda. Bila ingin kita seolah - olah ada di USA, tinggal setting saja browser kita memakai proxy yang ada di USA... 

Semoga Bermanfaat